Ford Mustang
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Mustang menciptakan "mobil kuda poni" kelas mobil Amerika-sports coupe mobil seperti dengan kerudung panjang dan deck belakang pendek [4] dan memunculkan pesaing seperti Chevrolet Camaro, [5] dan Pontiac Firebird, AMC Javelin, [6] serta Chrysler Plymouth Barracuda dirubah dan generasi pertama Dodge Challenger. [7] The Mustang juga dikreditkan untuk inspirasi desain dari coupe seperti Toyota Celica dan Ford Capri, yang diimpor ke Amerika Serikat.
Produsen | Ford Motor Company |
---|---|
Masa dalam produksi | 1964–sekarang |
Model untuk tahun | 1965–sekarang |
Kelas | Mobil poni, Muscle car |
Bentuk kerangka | kursi 2+2 coupe 2 pintu hatchback/fastback/sportsroof 2 pintu konvertibel 2 pintu |
Layout | Mesin depan, penggerak roda belakang |
latar belakang
The Ford Mustang dibawa lima bulan sebelum dimulainya normal tahun produksi 1965. Versi-versi awal sering disebut sebagai 1964 ½ model , tapi VIN kode oleh Ford dan berjudul 1965 model [ 8 ] dengan produksi dimulai di Dearborn , Michigan pada 9 Maret 1964 [ 9 ] dan mobil baru diperkenalkan kepada publik pada April 17 , 1964 [ 10 ] di New York World Fair [ 11 ] .
Stylist Executive John Najjar Ferzely , yang adalah seorang penggemar P - 51 Mustang pesawat tempur Perang Dunia II , dikreditkan oleh Ford telah mengusulkan nama. [ 12 ] John Najjar Ferzely co - dirancang prototipe pertama dari Ford Mustang yang dikenal sebagai Ford Mustang I pada tahun 1961 , bekerja bersama-sama dengan sesama Ford stylist Philip T. Clark . [ 13 ] The Mustang saya membuat debut resminya di Grand Prix Amerika Serikat di Watkins Glen , New York pada tanggal 7 Oktober 1962, di mana test driver dan kontemporer Formula satu pembalap Dan Gurney tersusun trek dalam demonstrasi menggunakan kedua "ras " prototipe . Kali pangkuannya hanya sedikit dari kecepatan mobil balap F1 .
Sebuah pandangan alternatif adalah bahwa Robert J. Eggert , Ford Divisi manajer riset pasar , pertama mengusulkan nama Mustang . Eggert , seorang peternak dari quarterhorses , menerima hadiah ulang tahun dari istrinya buku , The Mustang oleh J. Frank Dobie pada tahun 1960 . Kemudian , judul buku memberinya gagasan menambahkan " Mustang " nama untuk mobil konsep baru Ford . Perancang disukai Cougar atau Torino ( dan kampanye iklan menggunakan nama Torino itu benar-benar siap ) , sementara Henry Ford II ingin T - burung II . [ 14 ] Sebagai orang yang bertanggung jawab untuk penelitian Ford pada nama potensial, Eggert menambahkan " Mustang " untuk daftar yang akan diuji oleh kelompok fokus , " Mustang , " dengan margin yang lebar , keluar di atas di bawah judul : " Kecocokan sebagai nama untuk Mobil khusus . " [ 15 ] [ 16 ] nama tidak dapat digunakan di Jerman , [ 17 ] namun , karena dimiliki oleh Krupp , yang pernah memproduksi truk antara tahun 1951 dan 1964 dengan nama Mustang . Ford menolak untuk membeli nama untuk sekitar US $ 10.000 dari Krupp pada saat itu . Kreidler , produsen moped , juga menggunakan nama , sehingga Mustang dijual di Jerman sebagai " T - 5 " sampai dengan Desember 1978.
0 komentar:
Posting Komentar